MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI STARTEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS IV SD GUNUNG BATU SAMBUNG MAKMUR

Kurniawati, Kurniawati (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI STARTEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS IV SD GUNUNG BATU SAMBUNG MAKMUR. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (518kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (724kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Aktivitas
guru dalam pembelajaran muatan IPA melalui Startegi pembelajaran Learning Start
With a Question di SD Gunung Batu Sambung Makmur, 2) Aktivitas siswa dalam
pembelajaran muatan IPA melalui Startegi pembelajaran Learning Start With a
Question di SD Gunung Batu Sambung Makmur dan 3) Hasil belajar muatan IPA
meningkat Startegi pembelajaran Learning Start With a Question di SD Gunung
Batu Sambung Makmur.
Metode penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 kali
pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa kelas IV di SDN Gunung Batu.
Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi aktivitas guru
dan siswa serta tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru menggunakan
Startegi pembelajaran Learning Start With a Question pada muatan pembelajaran
IPA siwa kelas IV di SDN Gunung Batu telah terlaksana dengan kriteria sangat baik
dengan nilai akhir 25. (2) Aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
menggunakan Startegi pembelajaran Learning Start With a Question pada muatan
pembelajaran IPA siwa kelas IV di SDN Gunung Batu mengalami peningkatan
hingga mencapai kriteria sangat aktif dengan perentase akhir sebesar 82,35%, (3)
Penggunaan Startegi pembelajaran Learning Start With a Question pada muatan
pembelajaran IPA siwa kelas IV di SDN Gunung Batu mencapai ketuntasan hasil
belajar yang signifikan dengan nilai akhir sebanyak 82,35% dengan jumlah 14
siswa yang tuntas ketuntasan secara klasikal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:25
Last Modified: 05 Sep 2024 02:25
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item
View Item