MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN KECIL

AHMAD FAUZI, AHMAD FAUZI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN KECIL. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (849kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (374kB)

Abstract

Pembelajaran pada muatan IPA kelas IV SDN Kuin Kecil belum optimal. Berdasarkan
25 siswa, sebanyak 44% atau 11 siswa yang mampu mencapai nilai KKM 65. Berdasarkan
hasil pengamatan proses pembelajaran, siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan
dari guru, kurang aktif dalam pembelajaran, tidak menggunakan media penunjang dalam
pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh karena lebih banyak menjadi pendengar guru,
siswa kurang terlatih menggali dan menemukan jawaban dari permasalahan, guru juga kurang
mengemas materi pembelajaran menjadi pengalaman belajar yang bermakna agar siswa tidak
mudah lupa. Permaslaahan pembelajaran tersebut dapat diatasi melalui model pembelajaran
Scramble berbantuan media gambar.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari
empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan kolaborasi dengan guru kelas pada kelas IV SDN Kuin Kecil semester II tahun
ajaran 2022/2023 dengan jumlah 25 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa
perempuan. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar
muatan IPA melalui model pembelajaran Scramble berbantuan media gambar. Cara
pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan
dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥80% berada pada kriteria baik dan aktif
serta ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥65(KKM) dan indikator
keberhasilan pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran
Scramble berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil
belajar muatan IPA. Hal tersebut berdasarkan data dari hasil aktivitas guru siklus I sebesar
60%, siklus II sebesar 76%, dan siklus III sebesar 96%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 56%,
siklus II sebesar 77%, dan siklus III sebesar 93%. Hasil belajar muatan IPA siswa dengan
ketuntasan pada siklus I sebesar 52%, siklus II sebesar 64%, dan siklus III 84%. Hasil
penelitian tersebut menunjukkan peningkatan pada setiap siklus dan mencapai indikator yang
telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui
model pembelajaran Scramble berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar
muatan IPA siswa kelas IV SDN Kuin Kecil pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian
diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru agar model pembelajaran Scramble
berbantuan media gambar menjadi salah satu model pembelajaran dalam melaksanakan
pembelajaran IPA, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif, dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa secara langsung dalam menentukan konsep pembelajaran,
menjadikan pembelajaran bermakna, percaya diri yang tinggi dan memudahkan siswa saling
berinteraksi satu sama lain sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:17
Last Modified: 05 Sep 2024 03:17
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item