MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 10

Siti Bulkiah, Siti (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 10. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of 1911102108001_BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
1911102108001_BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 10 adalah hasil belajar siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V kurang optimal karena pembelajaran di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung, sebagian siswa belum bisa menyelesaikan soal dengan baik, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, siswa lebih banyak menggunakan pendengarannya dibandingkan dengan indra penglihatannya sehingga apa yang telah mereka pelajari tersebut akan cenderung dilupakan, pembelajaran tidak menggunakan media untuk menunjang pemahaman siswa, aktivitas dalam proses pembelajaran kurang melibatkan keaktifan siswa. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Course Review Horay Berbantuan Media Visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Gambut 10, siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 60 dengan ketuntasan klasikal ≥70%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada Siklus I yaitu 13, Siklus II yaitu 15 dan pada Siklus III yaitu 17, Siklus IV yaitu 20. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I mencapai 53,50%, Siklus II mencapai 57,50% dan pada Siklus III mencapai 71%, Siklus IV mencapai 89,50%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai 53,50% dan meningkat pada Siklus IV yaitu mencapai 89,50%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Model Course Review Horay Berbantuan Media Visual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas V SDN Gambut 10 pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan model Course Review Horay dan Media Visual sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:51
Last Modified: 21 Aug 2024 07:05
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item
View Item