PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WEB POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTS-SA DARUSSALIM BATI-BATI

SITI SAMMANIAH, NIAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WEB POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTS-SA DARUSSALIM BATI-BATI. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (395kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi web powtoon terhadap hasis belajar siswa kelas VII pada materi bahasan barisan dan deret aritmatika di Mts-Sa Darussalim Bati-Bati. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 48 siswa yang terdistribusi dalam du akelas. Sampel penelitian ini adalah 48 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen yakni kelas VII-A sejumlah 24 orang dan kelas kontrol (VII-B) sejumlah 24 orang yang diambil dengan Teknik purposive sampling Maksimal(maximum variaton sampling). Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen menggunakan desain Nonequivalent control grup dalam bentuk pretest dan postest yang menggunakan du akelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui hasi observasi dan tes. Pretest diberikan sebelum perlakuan untuk mengukur pemahaman awal siswa sedangkan posttest diberiken setelah diberikan perlakuan untuk mengukur pemahaman akhir siswa. Teknik analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan uji statistik One-Way ANOVA (Analysis of Variance).
Hasil uji ANOVA Nilai sig yang diperoleh (0.0001) jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi yang umum digunakan (α = 0.05). Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kedua kelompok. Dengan demikian, pembelajaran berbasis aplikasi Powtoon memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:40
Last Modified: 05 Sep 2024 04:40
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item
View Item