MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD BINA BERSAMA

FAHRIAH, FAHRIAH (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD BINA BERSAMA. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi melalui Strategi Pembelajaran RAFT berbantuan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SD Bina Bersama.pdf] Text
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi melalui Strategi Pembelajaran RAFT berbantuan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SD Bina Bersama.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada keterampilan menulis teks
deskripsi siswa kelas IV SDN Bina Bersama yang masih rendah. Hasil belajar menulis teks deskripsi rendah
dengan ketuntasan hanya 39% atau sebanyak 7 dari 18 siswa kelas. Salah satu solusi yang sesuai dengan
permasalahan menulis teks deskripsi yaitu melalui strategi RAFTberbantuan model pembelajaran
Numbered Heads Together. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 pertemuan secara keseluruhan.
Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Bina Bersama semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah
18 siswa. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar menulis teks
deskripsi melalui strategi pembelajaran RAFT berbantuan model pembelajaran Numbered Heads Together.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks deskripsi melalui strategi
RAFT berbantuan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas IV SD Bina Bersama dapat
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi
alternatif pembelajaran terutama pada keterampilan menulis dengan strategi RAFT dan dapat menjadikan
pembelajaran menyenangkan dan aktif dengan model pembelajaran Numbered Heads Together.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:06
Last Modified: 19 Sep 2024 02:06
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item