MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TANIPAH

Sulaiman, Sulaiman (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TANIPAH. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan belajar siswa dalam proses pembelajaran dikelas masih sangat rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia di keterampilan membaca puisi, dari 18 siswa hanya 5 orang siswa (27,78%) yang tuntas mencapai KKM > 65 dan 13 orang siswa (72,22%) siswa masih belum tuntas. Berkemungkinan apabila hal tersebut dibiarkan saja bahkan terus menerus dapat menyebabkan hasil belajar siswa rendah berdampak pada nilai mata pelajaran bahasa Indonesia dengan keterampilan membaca puisi akan selalu dibawah.

Penelitian ini menerapan model pembelajaran artikulasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus 4 kali pertemuan. Adapun instrumen dalam penelitian ini dengan pedoman observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar .

Hasil belajar siswa dalam ini penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi memberikan dampak positif pada keterampilan membaca puisi siswa bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik dengan skor 28 atau 46%, aktivitas siswa mencapai kriteria cukup aktif atau 59%, kelompok belajar siswa mencapai kriteria aktif atau 79%, membaca puisi siswa mencapai kriteria cukup baik atau 52%. Pada siklus I pertemuan 2 aktivitas guru mencapai kriteria baik dengan skor 39 atau 65%, aktivitas siswa mencapai kriteria aktif atau 68%, kelompok belajar siswa mencapai kriteria aktif atau 79%, membaca puisi siswa mencapai kriteria cukup baik atau 52%. Pada siklus II pertemuan 3 aktivitas guru mencapai kriteria baik dengan skor 44 atau 73%, aktivitas siswa mencapai kriteria aktif atau 70%, kelompok belajar siswa mencapai kriteria sangat aktif atau 83%%, membaca puisi siswa mencapai kriteria baik atau 60%. Dan pada siklus II pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif dengan skor 52 atau 87%, aktivitas siswa mencapai kriteria aktit atau 76%, kelompok belajar siswa mencapai kriteria sangat aktif atau 88%, dan membaca puisi siswa mencapai kriteria baik atau 67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:29
Last Modified: 19 Aug 2024 06:29
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item