IMPLEMENTASI APLIKASI ABAH (AYO BELAJAR ANGKA dan HURUF) BERBASIS ANDROID PADA TK AR-RAUDAH MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN WATERFALL

Kris Andrianus Dominson Waang, Andrianus (2024) IMPLEMENTASI APLIKASI ABAH (AYO BELAJAR ANGKA dan HURUF) BERBASIS ANDROID PADA TK AR-RAUDAH MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN WATERFALL. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (478kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (329kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Teknologi pendidikan telah mengalami perkembangan dari masa ke masa, hingga saat ini banyak inovasi-inovasi yang mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti video, audio, gambar, aplikasi dan lainnya sehingga guru dan orang tua diharuskan untuk menguasai media pembelajaran berbasis teknologi. TK AR Raudah merupakan salah satu sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang berdiri sejak 2007 dan beralamat di jalan Ahmad Yani KM 12.500 Gambut Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Sebelumnya TK AR Raudah sudah pernah menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti video dan gambar namun belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah aplikasi mudah dipahami anak usia dini, apakah aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan apakah aplikasi tersebut dapat membantu guru dan orang tua dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu membangun sebuah aplikasi media pembelajaran pengenalan angka dan huruf. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi literatur, sedangkan metode pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall (air terjun). Pengujian dilakukan menggunakan metode black-box testing untuk menguji fitur-fitur pada aplikasi dan skala likert untuk mengetahui tanggapan terhadap aplikasi. Hasil survey yang dilakukan pada 19 responden yaitu guru dan orang tua mendapatkan hasil 91% (sangat setuju) sedangkan hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan semua pernyataan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi ABAH dapat digunakan sebagai media pembelajaran angka dan huruf untuk anak usia dini 4-6 Tahun. Kata kunci: aplikasi, media pembelajaran, angka dan huruf, metode waterfall, android.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan > Teknik Informatika
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:36
Last Modified: 23 Sep 2024 01:36
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item
View Item