IMPROVING YOUNG LEARNERS’ VOCABULARY BY USING QUIZIZZ GAMES

Halimah Apriliani, Apriliani and Pajrian noor, Pajrian noor and Fikri Fuad Azmy, Fikri Fuad Azmy (2024) IMPROVING YOUNG LEARNERS’ VOCABULARY BY USING QUIZIZZ GAMES. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-6.

[thumbnail of Improving young learners’ vocabulary by using quizizz games.pdf] Text
Improving young learners’ vocabulary by using quizizz games.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini menyoroti pentingnya pembelajaran bahasa Inggris sejak usia dini sebagai respons terhadap globalisasi, karena bahasa Inggris menjadi kunci akses teknologi dan pengetahuan global. Kosakata memiliki peran krusial dalam berbicara, membaca, menulis, dan mendengar, sementara keterbatasan kosakata dapat menghambat kemampuan bahasa secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (CAR) untuk menguji pengaruh permainan Quizizz dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris di sekolah dasar. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan, dari pre-test 60% menjadi 94% setelah siklus pertama, dengan sebagian besar siswa melampaui KKM sekolah (70%). Quizizz terbukti efektif meningkatkan minat dan keterlibatan siswa melalui fitur kompetitif dan desain yang menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Siswa mendapatkan umpan balik langsung dan dapat memantau kemajuan mereka, sementara guru juga dapat memantau perkembangan belajar dengan lebih efisien. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan alat pembelajaran berbasis game seperti Quizizz untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan motivasi siswa. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman mengenai metode pembelajaran berbasis game dalam pendidikan bahasa dan membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut di bidang ini.
Kata Kunci: Anak usia dini , Quizizz , meningkatkan kosakata.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:06
Last Modified: 24 Sep 2024 01:06
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item