Akhmad Taufik, Taufik (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 3. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (559kB)
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (814kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapai di SDN Gambut 3 adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada muatan PPKN Kelas V karena kurangnya variasi pola
mengajar, pembelajaran cenderung satu arah (teacher center), siswa kurang
didorong keterlibatannya dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran
kurang menarik perhatian siswa, siswa cepat bosan kurang bersemangat dalam
menerima pembelajaran dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi
pelajaran. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan tujuan untuk
mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN
Gambut 3.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif
dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di SDN
Gambut 3, siswa kelas V yang berjumlah 19 orang terdiri dari 10 orang laki-laki
dan 9 orang perempuan. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan tes
dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar
siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator
keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu
≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Aktivitas guru dan siswa minimal
berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan
pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 17, pertemuan kedua yaitu 19
dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 20, pertemuan kedua yaitu 22. Persentase
aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 74%, pertemuan 2
mencapai 79% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 84%, pertemuan 2
mencapai 95%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 63% dan
meningkat pada siklus II mencapai 95%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah
tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil
belajar muatan PPKN siswa kelas V SDN Gambut 3 pada tahun ajaran 2022/2023.
Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sebagai salah satu alternatif
dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan
meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 06:26 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 06:26 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/18 |