MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS 4 SDN MEKAR RAYA

Imam Nawawi, Imam Nawawi (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS 4 SDN MEKAR RAYA. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-6.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas 4 SDN Mekar Raya.pdf] Text
Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas 4 SDN Mekar Raya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

PermasalahanIyang terjadi di SDN Mekar RayaIadalah hasil belajar siswa
IV kurang optimal dan masih dibawah Kriteria Ketercapain Tujuan Pembelajaran
(KKTP). Hal ini disebabkan oleh kurang aktifnya siswa, karena pemebelajaran
masihImenggunakanImetodeIpembelajaranIlangsung denganImetode ceramah dan
belum menerapkan model pembelajaran. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi,
yaitu denganImenggunakan model pembelajaran ThinkIPairIShare untuk dapat
meningkatkanIaktivitas guru, aktivitasIsiswaIdanIhasil belajar siswa kelas IV SDN
Mekar Raya.
PenelitianIini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
denganIpendekatanIkualitatif. Penelitian dilaksanakanIdalam 2 siklus, pada siklus
I ada 2 pertemuanIdanIpada siklus II ada 1 pertemuan, dengan 4Itahapan yaitu
perencanaan,Ipelaksanaan,Ipengamatan, dan refleksi. SettingIpenelitian di SDN
Mekar Raya, padaIsiswa kelas IV yangIberjumlah 24 siswaIterdiri dari 15 siswa
laki-laki dan 9 siswaIperempuan. Teknik pengumpulan dataIdilakukan dengan
menggunakanIobservasi, dokumentasi, dan tes latihan. Hasil belajarIsiswa
dikatakan berhasilIapabila capaian pembelajaran siswaIdi kelas mencapai nilai
ketuntasan >70%, pada aktivitas guru mencapaiIskor minimal >17 (60%)
berkategori baik,Idan pada aktivitasIsiswa mencapai skorIrata-rata minimal >15
(62%) berkategori baik.
HasilIpenelitian yang diperoleh pada aktivitasIguru dalam kegiatan
pembelajaranIpada Siklus I pertemuan 1Iyaitu 85,7%, pertemuanI2 yaitu 96,4, dan
pada Siklus II pertemuanI3 yaitu 100%. Sedangkan persentaseIaktivitas siswa pada
Siklus I pertemuan 1 mencapai 58,3%, pertemuanI2 mencapai 70,8%, dan pada
Siklus IIIpertemuan 3 mencapai 83,3%. Dan pada ketuntasan hasil belajar siswa
SiklusII pertemuan 1 mencapaiI58,3%, pertemuan 2 70,8%, dan meningkatIpada
Siklus II pertemuan 3 yaitu mencapai 87,5%. HalIini menunjukkan bahwa sudah
tercapainya indikatorIkeberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Bedasarkan temuanIhasilItersebutIdapatIdisimpulkanIbahwa menerapkan
model pembelajaran ThinkIPairIShareIpadaIpembelajaran dapat memperbaiki dan
meningkatkanIhasilIbelajar muatan IPASIkelas IV SDN Mekar Raya pada tahun
ajaran 2023/2024.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:55
Last Modified: 26 Sep 2024 03:55
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item