ENGLISH STUDENTS' PERCEPTIONS IN PARTICIPATING THE PRAKTISI MENGAJAR PROGRAM

Lisnani Ulfah, Lisnani Ulfah and Isnaniah, Isnaniah, and Novi Dwi Yuliani, Yuliani (2024) ENGLISH STUDENTS' PERCEPTIONS IN PARTICIPATING THE PRAKTISI MENGAJAR PROGRAM. ETLIJ English Teaching and Linguistics Journal, 5 (2). pp. 1-9.

[thumbnail of English Students' Perceptions in Participating the Praktisi Mengajar Program.pdf] Text
English Students' Perceptions in Participating the Praktisi Mengajar Program.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (630kB)

Abstract

Program Praktisi Mengajar merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Disini peneliti meneliti persepsi mahasiswa terhadap program praktisi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mereka tentang pentingnya program, kelebihan dan kekurangan program, serta bagaimana cara mereka beradaptasi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan cara membagikan kuesioner untuk mengumpulkan sebuah data kepada mahasiswa pendidikan bahasa inggris di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan yang telah mengikuti program kampus mengajar.
Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 mahasiswa pendidikan bahasa inggris Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Data dianalisis dengan menerapkan model data yang diusulkan oleh Sugiyono (2019). Pertama, peneliti akan membagikan kuesioner kepada mahasiswa, kemudian kuesioner tersebut dianalisis dengan pengecekkan ulang dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik batang, dan angka yang dinyatakan dalam persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 72% mahasiswa menganggap program ini penting, 62% merasa program ini cukup, 68% merasakan dampak positif, dan 65% mampu beradaptasi dengan baik terhadap program. Secara keseluruhan, rata-rata penilaian positif sebesar 67%, yang menunjukkan bahwa Program Praktisi Mengajar memberikan dampak yang baik bagi mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 428 Penggunaan bahasa Inggris baku (linguistik preskriptif)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:57
Last Modified: 03 Oct 2024 03:48
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item
View Item