MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POHON AJAIB PADA SISWA KELAS IV SDN KALAAN BARU

Ainun Jariah, Ainun Jariah (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POHON AJAIB PADA SISWA KELAS IV SDN KALAAN BARU. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-13.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Pohon Ajaib Pada Siswa Kelas IV SDN Kalaan Baru.pdf] Text
Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Pohon Ajaib Pada Siswa Kelas IV SDN Kalaan Baru.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (581kB)

Abstract

Hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas IV SDN Kalaan Baru masih rendah dan belum optimal. Hal tersebut terlihat dari data ulangan formatif siswa dari sejumlah 18 siswa terdapat 7 (39%) siswa yang memiliki nilai tuntas, dan 11 (61%) siswa lainnya masih belum tuntas dengan KKM 70. Selain itu, pembelajaran muatan IPA menggunakan media hanya pada saat materi praktik saja, sulitnya menjelaskan materi kepada siswa karena siswa terlihat tidak fokus, sering bermain sendiri, interaksi yang monoton, mengerjakan tugas sebisanya saja dan kurang kooperatif jika diminta memberikan penjelasan jawaban dari tugas yang diberikan. Salah satu pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan sesuai dengan permasalahan yaitu melalui model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media pohon ajaib.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan 4 pertemuan secara keseluruhan. Setiap pertemuan penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Kalaan Baru dengan jumlah 18 siswa. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni aktivitas guru mencapai ≥ 90% berada pada kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai
≥ 90% berada pada kriteria sangat aktif dan ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥70 (KKM). Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, siswa dan hasil belajar muatan IPA mengalami peningkatan pada setiap siklus. Adapun hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I pertemuan I sebesar 71%, siklus I pertemuan II sebesar 76%, siklus II pertemuan I sebesar 80% dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan II sebesar 93%. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 68%, siklus I pertemuan II sebesar 75%, siklus II pertemuan I sebesar 81% dan pada siklus II pertemuan II sebesar 91%. Hasil pengamatan pada hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebanyak 8 siswa tuntas atau sebesar 44%, siklus I pertemuan II sebanyak 10 siswa yang tuntas atau sebesar 56%, siklus II pertemuan I sebanyak 13 siswa tuntas atau sebesar 72% dan siklus II pertemuan II sebanyak 15 siswa tuntas atau sebesar 83%.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media pohon ajaib pada pembelajaran muatan IPA kelas IV dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjang pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan serta dapat membantu siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran agar mampu memahami materi pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:36
Last Modified: 30 Sep 2024 06:36
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item