AN ANALYSIS STUDY ON STUDENTS’ PROBLEMS IN READING DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Muhammad Alfizan, Muhammad Alfizan and Novi Dwi Yuliani and Pajrian Noor (2024) AN ANALYSIS STUDY ON STUDENTS’ PROBLEMS IN READING DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-9.

[thumbnail of AN ANALYSIS STUDY ON STUDENTS’ PROBLEMS IN READING  DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL.pdf] Text
AN ANALYSIS STUDY ON STUDENTS’ PROBLEMS IN READING DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai tantangan yang dihadapi oleh siswa kelas tujuh di SMPN 1 Gambut dalam membaca teks deskriptif bahasa Inggris selama tahun ajaran 2023/2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa saat membaca teks-teks tersebut serta mengeksplorasi berbagai metode yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi masalah membaca tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan fenomenologis dengan menggunakan metodologi kualitatif. Peserta penelitian terdiri dari 33 siswa dan guru bahasa Inggris mereka.
Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan yang dihadapi siswa kelas VII SMPN 1 Gambut dalam belajar bahasa Inggris antara lain: gangguan belajar yang ditandai dengan kurangnya rasa percaya diri; disfungsi belajar yang ditandai dengan gangguan penglihatan, kecerdasan rendah, dan daya ingat yang buruk; kesulitan belajar yang melibatkan tantangan dalam pengucapan, tata bahasa, dan kosa kata; dan prestasi yang rendah karena minat belajar yang rendah. Untuk mengatasi masalah ini, guru menggunakan strategi seperti menyediakan teks deskriptif yang disederhanakan agar pembelajaran lebih mudah dipahami, menggunakan metode pengajaran yang menarik, dan membuat kegiatan kelas lebih menyenangkan untuk menumbuhkan antusiasme dalam membaca teks deskriptif.
Kata Kunci: Kesulitan, Membaca, Deskriptif

Item Type: Article
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 428 Penggunaan bahasa Inggris baku (linguistik preskriptif)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:42
Last Modified: 30 Sep 2024 06:42
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item
View Item