MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN BUNIPAH 2

MUTRIANA, MUTRIANA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN BUNIPAH 2. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA (2).pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (790kB)
[thumbnail of II-III-IV (2).pdf] Text
II-III-IV (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa kelas V SDN Bunipah 2 yakni rendahnya hasil belajar muatan matematika. Dari 15 siswa, sebanyak 6 siswa yang tuntas dan 9 siswa lainnya belum tuntas mencapai KKM yakni 70. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran yakni, 1) pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, 2) pembelajaran lebih didominasi oleh guru melalui tanya jawab satu arah dan penugasan, 3) kurangnya ketertarikan siswa dalam mempelajari matematika, 4) sebagian siswa melakukan kegaduhan yang tidak terarah pada saat pembelajaran, 5) sebagian siswa masih mengalami kebingungan dalam memahami materi, siswa hanya memasukkan angka ke rumus tanpa dibarengi pemahaman konsep yang mendalam, dan 6) siswa kurang berani bertanya dan mengemukakan pendapat. Adapun solusi dari masalah tersebut dengan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran Snowball Throwing.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kolaborasi dengan guru kelas. Setting penelitian dilaksanakan pada kelas V SDN Bunipah 2 semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 15 siswa. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥ 82% berada pada kriteria sangat baik dan sangat aktif dan ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥70 (KKM). Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar muatan matematika. Hal tersebut berdasarkan data dari hasil aktivitas guru siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 68%, siklus III sebesar 81,7% dan siklus IV 95%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 66%, siklus III sebesar 80,7% dan siklus IV sebesar 97%. Hasil belajar muatan matematika siswa dengan ketuntasan pada siklus I sebanyak 47%, siklus II sebanyak 60%, siklus III 73%, siklus IV sebanyak 87%. Data tersebut menunjukkan peningkatan pada setiap siklus dan mencapai indikator yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar muatan matematika pada siswa kelas V SDN Bunipah 2 pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan serta memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar muatan muatan matematika melalui model pembelajaran Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:28
Last Modified: 19 Aug 2024 06:28
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item
View Item