MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELAS 5 SDN MEKAR RAYA

Junaidi, Junaidi (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELAS 5 SDN MEKAR RAYA. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-8.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELAS 5 SDN MEKAR RAYA.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELAS 5 SDN MEKAR RAYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SDN Mekar Raya adalah hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas 5 rendah di bawah kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh siswa bekerja secara individu, siswa merasa bosan di dalam pembelajaran, pembelajaran kurang efekif dan siswa kurang aktif , karena siswa sering di ajarkan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi, yaitu dengan menggunakan model Make a Match untuk dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Mekar Raya.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus I ada 2 pertemuan dan pada siklus II ada 1 pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Mekar Raya pada siswa kelas 5 yang berjumlah 16 orang siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes latihan. Hasil belajar siswa dikatakan berhasil apabila capaian pembelajaran siswa di kelas mencapai nilai ketuntasan >70, pada aktivitas guru mencapai skor minimal >65 (81%) berkategori sangat baik, dan pada aktivitas siswa mencapai skor rata-rata minimal >17 (81%) berkategori sangat baik.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I pertemuan I dengan skor 59, pertemuan II yaitu 64, dan pada siklus II pertemuan I yaitu 70. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I mencapai 62,5%, pertemuan II mencapai 68,7%, dan pada siklus II pertemuan I mencapai 83,3%. Dan pada ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai 58,3%, pertemuan II 70,8%, dan meningkat pada siklus II pertemuan I yaitu mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menerapkan model Make a Match pada pembelajaran dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar muatan IPS kelas 5 SDN Mekar Raya pada Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:13
Last Modified: 30 Sep 2024 07:13
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item
View Item