SITI FITRIA, FITRIA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA UNO STACKO PADA SISWA KELAS V SDN ALUH-ALUH BESAR 1. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (559kB)
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (814kB)
Abstract
Permasalahan umum mengenai lemahnya proses pembelajaran dan hasil belajar muatan matematika terjadi pada siswa kelas V SDN Aluh-Aluh Besar 1 Kecamatan Aluh-Aluh. Berdasarkan hasil pengamatan secara langsung ditemukan fakta, 1) proses pembelajaran masih berpusat pada guru, 2) siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, 3) Siswa sering membuat
kegaduhan di dalam kelas, 4) siswa kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, 5) materi yang disampaiakan masih bersifat abstrak, dan 6) tidak ada variasi media pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil dokumentasi yang ditunjukkan oleh guru kelas, dari 19 orang siswa, hanya 8 siswa atau 42% yang berada pada nilai KKM dan 11 siswa atau 58% lainnya memiliki nilai di bawah KKM yang ditetapkan yakni 68. Solusi dari permasalahan tersebut yakni melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Uno Stacko.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kolaborasi dengan guru kelas. Setting penelitian dilaksanakan pada kelas V SDN Aluh-Aluh Besar 1 pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 19 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Media Uno Stack. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥81% berada pada kriteria sangat baik dan sangat aktif dan ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥68 (KKM).
Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal
mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran
Think Pair Share berbantuan media Uno Stacko dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan
hasil belajar muatan matematika. Hal tersebut berdasarkan data dari hasil aktivitas guru siklus I
sebesar 60%, siklus II sebesar 71%, siklus III sebesar 80% dan siklus IV 93%. Aktivitas siswa
siklus I sebesar 55%, siklus II sebesar 68%, siklus III sebesar 83% dan siklus IV sebesar 94%.
Hasil belajar muatan matematika materi volume bangun ruang dengan ketuntasan pada siklus I
sebanyak 53%, siklus II sebanyak 63%, siklus III 79%, siklus IV sebanyak 89%. Data tersebut
menunjukkan peningkatan pada setiap siklus dan mencapai indikator yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Uno Stacko dapat
meningkatkan hasil belajar muatan matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas
V SDN Aluh-Aluh Besar 1 pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian dapat dijadikan
sebagai salah satu rekomendasi untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar
muatan muatan matematika materi volume bangun ruang melalui model pembelajaran Think
Pair Share berbantuan media Uno Stacko.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 06:28 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 01:01 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/21 |