MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V SDN BASIRIH 8

Masta, Masta (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V SDN BASIRIH 8. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-7.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V SDN BASIRIH 8.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V SDN BASIRIH 8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada kelas IPA di SDN Basirih 8 disebabkan oleh sifat proses pendidikan IPA yang berpusat pada guru. Akibatnya, siswa sering merasa pembelajaran membosankan dan kurang inisiatif. Selain itu, beberapa siswa masih kesulitan memahami penjelasan guru. Karena guru harus memberikan kembali materi penjelasan kepada siswa yang tidak menaati penjelasannya, hal ini menyebabkan kegiatan belajar menjadi tidak produktif. Siswa menganggap model pembelajaran yang diterapkan tidak cocok dan tidak nyaman. Akibatnya, belajar adalah proses yang membosankan dan lamban. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran 1Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatanhttps://repository.unukase.ac.id/Numbered Heads Together yang berupaya memahami tujuan pembelajaran, aktivitas siswa, dan aktivitas instruktur pada siswa kelas V SDN Basirih 8.Penelitian tindakan kelas adalah jenis penelitian yang dilakukan dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dibagi menjadi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Siswa kelas V SDN Basirih 8 berjumlah 35 orang, 14 orang diantaranya laki-laki dan 21 orang diantaranya perempuan. Proses pengumpulan data melibatkan pengujian dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes pembelajaran siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Pendekatan analisis data distribusi, frekuensi, persentase, dan interpretasi diterapkan. Memenuhi KKM yaitu ≥70 dan integritas klasikal ≥80% merupakan tolak ukur keberhasilan. Kegiatan yang dilakukan guru dan siswa setidaknya berpegang pada standar yang tinggi.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:54
Last Modified: 01 Oct 2024 01:54
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item
View Item