Saskia Agustina, Agustina and Marlina (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 3. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-7.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (845kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 3 adalah hasil belajar siswa kelas V pada muatan
matematika khususnya pada materi kubus dan balok belum optimal ,karena pembelajaran di kelas masih
menggunakan pembelajaran langsung, belum menggunakan pembelajaran kooperatif sehingga siswa
menjadi kurang aktif pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian
dilaksanakan sebanyak dua siklusi dengan dua pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting lokasi penelitian di SDN Gambut 3,
siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes,
dokumentasi, observasi dan latihan. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan
pembelajaran pada Siklus I 57,14%, dan Siklus II 85,71%. Sedangkan persentase aktivitas klasikal
siswa pada Siklus I 41,66%, dan Siklus II 83,33%. Dan pada ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I
54,16% dan Siklus II yaitu 87,5%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:58 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/211 |