Siti Wastinah, Wastinah (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTION PADA SISWA KELAS VB SDN GAMBUT 10. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-6.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTION PADA SISWA KELAS VB SDN GAMBUT 10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (955kB)
Abstract
Pendahuluan. Permasalahan yang dihadapi SDN Gambut 10 adalah rendahnya keterampilan menulis narasi siswa kelas VB yaitu, siswa mudah jenuh disaat siswa diminta untuk menulis; siswa kurang semangat dan cenderung mudah bosan saat belajar untuk mengikuti pelajaran menulis narasi; banyak siswa nilainya KKM tidak tuntas; siswa sering lupa pembelajaran yang sudah dijelaskan guru; dan guru belum menggunakan model pengajaran dengan tepat. Maka, perlu adanya kebaruan yang dirancang oleh guru supaya belajar lebih beragam dengan melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition.,
Metode penelitian. Pengamatan memakai pendekatan penelitian kualitatif beserta jenis Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam dua siklus terdapat dua kali pertemuan setiap siklusnya dan ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tempat observasi di SDN Gambut 10, dengan jumlah 16 siswa terdiri 10 laki-laki serta 6 perempuan.,
Analisis data. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes dan observasi, Instrument penelitian yang digunakan ialah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa mencapai ketuntasan individu yaitu ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 75%. Aktivitas guru dan aktivitas siswa minimal berkriteria baik dan aktif.,
Hasil dan Pembahasan. Hasil penelitian dapat diperoleh melalui kegiatan guru dalam pembelajaran yaitu siklus I pertemuan 1 memperoleh (75%), pertemuan 2 (80%) dan pada siklus II pertemuan 1 (85%), pertemuan 2 (95%). Presentase klasikal siswa siklus I pertemuan 1 mencapai (50%) pertemuan 2 (75%) dan siklus II pertemuan 1 (87,5%), pertemuan 2 (93,75%). Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis narasi siswa siklus I mendapat (50%), meningkat pada siklus II mencapai (87,5%). Tercapainya indikator keberhasilan menunjukan bahwa sudah ditetapkan sebelumnya.,
Kesimpulan dan Saran. Berdasarkan temuan hasil tersebut disimpulkan dengan melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition mampu meningkatkan hasil belajar menulis narasi pada siswa kelas VB SDN Gambut 10 pada tahun ajaran 2023/2024. Temuan ini diharapkan kepada guru supaya menggunakan model sebagai refrensi agar memudahkan proses pengajaran lebih baik dan meningkat.,
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:05 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:05 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/213 |