Wahidah, Wahidah and Prima Ditahardiyani and Kastalani (2024) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAYURAN ORGANIK. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-12.
ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAYURAN ORGANIK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (536kB)
Abstract
Produk sayuran organik semakin populer dewasa ini karena dianggap lebih sehat. Meskipun demikian, minat konsumen terhadap produk sayuran organik masih relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang komprehensif mengenai karakteristik dan preferensi konsumen terhadap produk sayuran organik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap produk sayuran organik. Penelitian dilakukan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang dipilih secara purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap produk sayuran organik yaitu lebih menyukai produk sayuran organik yang segar (2-3 hari), aman dikonsumsi, memiliki harga sama dengan harga sayuran non organik, berlabel organik, rasa yang relatif enak, kandungan gizi yang lengkap, bermanfaat bagi kesehatan, berwarna hijau muda, dan memiliki kemasan yang menarik. Informasi mengenai preferensi konsumen dapat dijadikan rekomendasi bagi produsen dalam memproduksi sayuran organik yang sesuai dengan minat konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Sosial Humaniora > Agribisnis |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:30 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/218 |