MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN BUNGLAI

NORFADILAH, NORFADILAH (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN BUNGLAI. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-11.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN BUNGLAI.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN BUNGLAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (658kB)

Abstract

Pendahuluan. Permasalahan mengenai lemahnya proses pembelajaran dan kesulitan belajar muatan IPA
terjadi pada siswa kelas V SDN Bunglai. Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran diperoleh 1)
pembelajaran masih menggunakan metode konvensional (ceramah dan diakhiri dengan tugas) 2,
pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran sehingga fokus siswa hanya pada buku, 3) hanya
sebagian siswa yang memberikan respons mengenai materi, 4) penjelasan materi di lakukan tanpa variasi
pembelajaran, dan 5) siswa hanya duduk dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru sehingga
siswa kurang aktif mengutarakan pendapat, ide, gagasan, dan pertanyaan mengenai materi yang belum
dipahami. Salah satu pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan sesuai dengan permasalahan
pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar.
Metode penelitian. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metodologi kualitatif
merupakan jenis penelitian yang digunakan.
Analisis dataPenelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas V selama 2 siklus
dengan setiap siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V semester II tahun ajaran 2023/2024
dengan jumlah 17 siswa. Adapun faktor yang di teliti yakni faktor guru dan siswa serta hasil belajar muatan
IPA. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang dicapai
yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥81% dengan kriteria sangat baik dan sangat aktif serta Hasil dan Pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan persentase tinggi pada pertemuan terakhir
penelitian. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II pertemuan II memperoleh persentase sebesar 92%
dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II pertemuan II memperoleh
persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa meningkat dan tuntas pada siklus
II pertemuan II sebanyak 14 siswa atau sebesar 82%. Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar dapat
meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas V SDN Bunglai.
Hasil penelitian disarankan dapat dijadikan sebagai alternatif acuan dalam mengambil kebijakan
pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta
penguasaan model-model pembelajaran terhadap guru-guru di sekolah.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilaksanakan di kelas V SDN Bunglai pada muatan
pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran muatan IPA melalui model pembelajaran Round
Table berbantuan media gambar di Kelas V SDN Bunglai optimal. Capaian aktivitas guru sudah
memenuhi indikator keberhasilan dengan persentase 92% kriteria sangat baik.
2. Aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran muatan IPA melalui model pembelajaran Round
Table berbantuan media gambar di Kelas V SDN Bunglai sudah efektif. Capaian aktivitas siswa
dengan persentase 94% kriteria sangat aktif.
3. Hasil belajar siswa kelas V SDN Bunglai pada muatan IPA meningkat dan mencapai indikator
ketuntasan belajar melalui model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar. Peningkatan
hasil belajar dan ketuntasan klasikal siswa setiap siklus terlihat pada siklus I pertemuan I sebanyak 8
siswa atau sebesar 47%, pada siklus I pertemuan II sebanyak 10 siswa atau sebesar 59%, pada siklus
II pertemuan I sebanyak 11 siswa atau sebesar 77% dan pada siklus II pertemuan II sebanyak 14
siswa atau sebesar 82%.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:43
Last Modified: 01 Oct 2024 02:43
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item
View Item