MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLAS CARD PADA SISWA KELAS 4 SDN PA'AU

Paridah, Paridah (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLAS CARD PADA SISWA KELAS 4 SDN PA'AU. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-7.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLAS CARD PADA SISWA KELAS 4 SDN PA'AU.pdf] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLAS CARD PADA SISWA KELAS 4 SDN PA'AU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (156kB)

Abstract

Rendahnya hasil menulis siswa kelas IV SDN Paau menjadikan keterampilan menulis
siswa belum mencapai kriteria menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil dokumentasi dari
sejumlah 15 siswa hanya, 6 (40%) siswa yang tuntas, sedangkan 9 (60%) siswa lainnya belum
tuntas KKM 70. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, pembelajaran menulis sudah
diajarkan akan tetapi masih perlu ditingkatkan serta masih perlu bimbingan, ketika diminta
membuat teks deskripsi siswa mengerjakan sesuai keinginan siswa tanpa memperhatikan arahan,
selain itu siswa belummampu menuangkan gagasan, pendapat, maupun idenya ke dalam bentuk
tulisan, siswamalubertanya dantidak fokus pada saatpenjelasanmateri danlebihsukamencontoh
tulisan punya teman sebangku sehingga isi teks deskripsi hampir sama dan serupa. Salah satu
solusi yang sesuai dengan permasalahan tersebut yakni menggunakan model pembelajaran
Concept Sentence berbantuanmedia Flash Card.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan
tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Penelitiandilaksanakan di kelas IV SDN Paau
pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 15 siswa. Adapun faktor yang diteliti
yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar menulis teks deskripsi. Cara pengambilan data
melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilanyang dicapai yakni aktivitas guru
dan siswa mencapai ≥ 80% berada pada kriteria sangat baik dan ketuntasan belajar siswa
secara individual dengan nilai ≥70 (KKM). Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal
mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.
Berdasarkan hasil penelitian pada aktivitas guru, siswa dan hasil belajar mengalami
peningkatan. Hasil pengamatan pada aktivitas gurupada siklus I pertemuanI sebesar64%,
siklus I pertemuan II sebesar 72%, siklus II pertemuan I sebesar 78% dan meningkat pada siklus
II pertemuan II sebesar 90%. Hasil pengamatan pada aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I
sebesar 63,5%, siklus I pertemuan II sebesar 70,4%, siklus II pertemuan I sebesar 76% dan pada
siklus II pertemuanII sebesar 86%. Hasil pengamatanpadahasil menulis teksdeskripsi siswapada
siklusI pertemuanI sebanyak7 siswatuntasatausebesar 47%, siklus I pertemuan II sebanyak 9
siswa yang tuntas atau sebesar 60%, siklus II pertemuanI sebanyak11siswatuntasatausebesar
73% dan siklus II pertemuan II sebanyak 12 siswa tuntas atau sebesar 80%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran
Concept Sentence berbantuan media Flash Card pada kelas IV SDN Paau dapat meningkatkan
aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan
motivasi terhadap pembelajaran menulis agar siswa menjadi lebih aktif, memudahkan dalam
menyampaikan materi dandapat membantusiswadalam menemukan idedan mengembangkannya
sehingga keterampilan menulis siswadapatberkembang dengan optimal serta dapat meningkatkan
hasil belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:08
Last Modified: 01 Oct 2024 03:08
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item
View Item