MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS V SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2

Anisa Nurliana Ridha, Anisa Nurliana Ridha (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS V SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-6.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS V SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2.pdf] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS V SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB)

Abstract

Keterampilan berbicara penting untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada siswa kelas V
SDN Tatah Pemangkih Laut 2 keterampilan berbicara siswa masih belum berkembang secara optimal.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Peningkatan tersebut ditunjukan dari hasil proses pembelajaran dari siklus satu pertemuan I sampai siklus
kedua pertemuan II aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan berada pada kualifikasi sangat baik.
Sedangkan dari aktivitas siswa selama peroses pembelajaran siklus satu pertemuan I sampai siklus dua
pertemuan II aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat, yaitu dengan presentase pada siklus
I pertemuan I mencapai 47,92% hingga akhirnya mencapai 82,29% pada pertemuan II siklus II
Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa mengunakan pembelajaran model Role Playing yang
ditetapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Tatah Pemangkih Laut 2. Saran Yang diharapkan hsil
penelitain ini dapat bermanfaat saebagai bahan pertimbangan dalam membuat model pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:26
Last Modified: 01 Oct 2024 03:26
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item
View Item