MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MUATAN IPA SUMBER ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN KALAAN BARU

Muhammad Gazali, Muhammad Gazali (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MUATAN IPA SUMBER ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN KALAAN BARU. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-8.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MUATAN IPA   SUMBER ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN  MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN KALAAN BARU.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MUATAN IPA SUMBER ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN KALAAN BARU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (902kB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kalaan Baru ditemukan permasalahan terkait dengan hasil belajar siswa. Kebanyakan siswa kesulitan dalam mengingat materi IPA yang teralalu banyak dan banyak pembagiannya. Oleh karena itu, siswa membutuhkan model pembelajaran khusus yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat dan mencatat materi yang sedang dipelajari. Penggunaan model Mind Mapping dalam pembelajaran IPA dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dan siswa. Dalam penelitian ini, peneliti akan merumuskan bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar saat penggunaan model Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Mind Mapping pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. KKM individual yang sudah ditetapkan yaitu 67 dan untuk ketuntasan klasikal sebesar 70%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitiannya adalah aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 80,34% dan siklus II menjadi 92,39%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 77,17% dan siklus II menjadi 89,13%. Adapun untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 55% belum mememuhi ketuntasan klasikal dan siklus II menjadi 85% sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:31
Last Modified: 01 Oct 2024 03:31
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item
View Item