MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD FILIAL PULAU NYIUR 2

NAUPAL, NAUPAL (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD FILIAL PULAU NYIUR 2. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-9.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ipa Melalui Model Pembelajaran  Numbered Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Filial Pulau Nyiur 2.pdf] Text
Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ipa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Filial Pulau Nyiur 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (597kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi di SD Filial Pulau Nyiur 2 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, pada mata pelajaran IPA kelas IV semester ganjil, pembelajaran yang dilakukan belum melibatkan siswa secara aktif sehingga pelajaran yang diterimanya kurang bermakna. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Filial Pulau Nyiur 2 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar pada semester I tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan setting penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang. Penelitian dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) persiapan/perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif (hasil belajar siswa), dan data kuantitatif (aktivitas siswa dan guru).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada mata pelajaran IPA, hal ini dilihat dari hasil belajar pada siklus I ketuntasan klasikal 66,67% menjadi 100% pada siklus II pertemuan 2. Pada aktivitas guru mendapatkan kategori sangat baik, kualitas pembelajaran guru sudah sangat baik dan hasil belajar menjadi tuntas.
Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan dan diharapkan agar guru kelas IV SD Filial Pulau Nyiur 2 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai alternatif untuk memecahkan masalah.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:39
Last Modified: 01 Oct 2024 03:39
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item
View Item