MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERTIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR

FAUZIAH, FAUZIAH (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERTIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-9.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERTIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR.pdf] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERTIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)

Abstract

keterampilan membaca merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran,apalagi membaca pemahaman di era zaman sekarang adalah kebutuhan mendasar yang harus di miliki oleh setiap murid agar mempermudah dalam Pelajaran, namun untuk mampu membuat anak-anak bisa membca pemahaman di zaman sekarang ini diperlukan metode-metode kreativ untuk guru-guru yang mengajar agar anak-anak menjadi mudah mengerti dam memahami bagaimana cara membaca pemahaman yang baik dan benar agar memudahkan murid dakam waktu belajar, dengan adanya permasalahan ini maka peneliti terterik untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan keterampilan membaaca pemahaman melalui model pembelajaraan cooperative script dengan berbantuan media gambar pada siswa kelas V di SDN benua riam. Metode Penelitian Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif, dengan menggunakan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis Data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisi kualitatif yaitu berupa observasi aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses belajar. data kuantitatif berupa hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif, yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dengan mencari rata-rata hasil belajar dan persentase keberhasilan belajar, kemudian didistribusikan dalam bentuk tabel. Hasil pembahasan berdasarkan hasil pengamatan penelitian pada model pembelajaraan cooperative script berbantuan media gambar merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan siswa dalam memahami membaca dengan pemahaman dengan baik. Hasil penelitian pada aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman melalui model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media gambar meningkat pada setiap siklus dan pertemuan.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:59
Last Modified: 01 Oct 2024 03:59
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item