Siti Raudah, Siti Raudah (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS IV SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-23.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS IV SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (530kB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya pencapaian siswa dalam keterampilan membaca
intensif pada topik menemukan informasi. Dari 15 siswa di kelas 4 SDN Tatah Pemangkih
Laut 2, hanya 5 siswa (33,33%) yang mencapai standar ketuntasan belajar (KKM 70). Untuk
mengatasi masalah ini, diterapkan model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity
(DRTA). Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan aktivitas guru, aktivitas siswa,
serta menganalisis peningkatan hasil belajar dalam membaca pemahaman. Penelitian ini
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus.
Data yang dikumpulkan mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan dalam aktivitas guru, dengan skor awal 21 (baik) pada pertemuan
pertama hingga skor 28 (sangat baik) pada pertemuan ketiga. Persentase ketuntasan
belajar juga meningkat, dari 60% di pertemuan pertama menjadi 93,33% pada pertemuan
ketiga. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model DRTA berhasil meningkatkan hasil
belajar siswa dalam materi membaca intensif.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Membaca Intensif, Model DRTA.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:27 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/234 |