Winda, Winda (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV SDN JELAPAT II.1. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-6.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV SDN JELAPAT II.1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (883kB)
Abstract
Masalah yang dihadapi di SDN Jelapat II.1 adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA
Kelas IV tidak optimal karena, (1) siswa tidak menyimak pembelajaran dengan baik serta kurang fokus,
(2) siswa tidak aktif dalam pembelajaran terlihat ada beberapa siswa yang berbicara dengan teman (3)
pembelajaran masih belum menggunakan pembelajaran yang menarik mengakibatkan siswa menjadi
jenuh, (4) hasil belajar IPAS belum optimal. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran
menggunakan model Examples Non Examples. Setting penelitian nya di SDN Jelapat II. 1, siswa kelas IV
yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian yang
diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada Siklus I pertemuan I yaitu 9,
pertemuan II yaitu 12 dan pada Siklus II pertemuan III yaitu 14. Persentase aktivitas klasikal siswa pada
Siklus I pertemuan I mencapai 52%, pertemuan II mencapai 68% dan pada Siklus II pertemuan III
mencapai 81%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai rata-rata 63,57 dan meningkat pada
Siklus II pertemuan III yaitu dengan rata-rata mencapai 92. Hal ini menunjukkan bahwa sudah
tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Examples Non Examples dapat Meningkatkan
Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Jelapat II. 1 pada tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:40 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:40 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/235 |