MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN MALINTANG 2

Lailan Alpisyah, Lailan Alpisyah and Ayu Anindia Hizraini and Hafiz Fathony (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN MALINTANG 2. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-10.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN MALINTANG 2.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN MALINTANG 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (543kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Malintang 2 adalah hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV kurang optimal karena aktivitas dalam
pembelajaran kurang melibatkan keaktifan siswa, siswa tidak aktif, proses
pembelajaran pendidikan pancasila kebanyakan hanya mencatat materi dan
mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi
pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif
dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitianna di SDN
Malintang 2, siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki
dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan
observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa
dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang
dipakai yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikatorkeberhasilan
yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 68 dengan
ketuntasan klasikal ≥70%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran
yaitu pada Siklus I pertemuan I yaitu 12, siklus I pertemuan II yaitu 14 dan pada
Siklus II pertemuan I yaitu 16, siklus II pertemuan II yaitu 18. Persentase aktivitas
klasikal siswa pada Siklus I pertemuan I mencapai 48,14%, siklus I pertemuan II
mencapai 59,5% dan pada Siklus II pertemuan I mencapai 70,37%, siklus II
pertemuan II mencapai 81,48%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai
44,50% dan meningkat pada Siklus II pertemuan II yaitumencapai 77,80%. Hal ini
menandakan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan
sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar
Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Malintang 2 pada tahun ajaran 2023/2024.
Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar
menggunakan model Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif dalam
upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan
meningkat.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:13
Last Modified: 02 Oct 2024 03:13
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item
View Item