Nordiana, Nordiana (2024) PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PELAPORAN PENURUNAN NILAI GOODWILL TAHUN 2019-2023 (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI). Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-12.
PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PELAPORAN PENURUNAN NILAI GOODWILL TAHUN 2019-2023 (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaft.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (958kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah tingkat pertumbuhan penjualan,
ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage memiliki pengaruh terhadap pelaporan penurunan nilai
goodwill tahun 2019-2023 baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan manufaktur sub
sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 47 perusahaan sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar pada BEI, sedangkan sampel
yang diambil sebanyak 11 perusahaan dengan menggunaka teknik purposive sampling yang memenuhi
kriteria dalam penelitian. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan
yaitu analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji-t), uji simultan (uji-F), dan uji asumsi klasik yang
terdiri dari uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel tingkat pertumbuhan penjualan dan
profitabilitas yang di proksikan dengan menggunakan rasio Return On Equity (ROE) memiliki pengaruh
negatif signifikan terhadap penurunan nilai goodwill , sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan dan
leverage yang di proksikan dengan menggunakan rasio Debt to Equity (DER) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan nilai goodwill . Namun secara simultan penelitian ini menunjukan bahwa
seluruh variabel independen (pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage)
memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap penurunan nilai goodwill .
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Sosial Humaniora > Akuntansi |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:06 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:06 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/243 |