MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS 2

Rasidi, Rasidi (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS 2. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SDN Pemurus 2 masih belum optimal dan hasil belajar rendah. Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran muatan IPA berlangsung, 1) terlihat pembelajaran masih konvensional melalui metode ceramah sehingga siswa mengalami kejenuhan selama proses pembelajaran berlangsung, 2) suasana pembelajaran kurang kondusif, terkesan kaku karena berpusat pada guru, 3) minimnya penggunaan media pembelajaran yang
dapat mendukung materi yang sedang diajarkan, dan 4) siswa hanya duduk dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa kurang aktif mengutarakan pendapat, ide,
gagasan, dan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami. Berdasarkan hasil belajar muatan IPA rendahnya hasil belajar dari 14 siswa, hanya 6 siswa yang tuntas KKM 68. Salah
satu pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan sesuai dengan permasalahan tersebut yakni melalui model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar.

Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan kolaborasi dengan guru kelas, di kelas V SDN Pemurus 2 semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 14 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar muatan IPA melalui model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni
aktivitas guru dan siswa mencapai ≥81% berada pada kriteria sangat baik dan sangat aktif serta ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥68(KKM) dan indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil
belajar muatan IPA. Hal tersebut berdasarkan data dari hasil aktivitas guru siklus I sebesar 48%, siklus II sebesar 60%, siklus III sebesar 76% dan siklus IV 96%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 47%, siklus II sebesar 60%, siklus III sebesar 75% dan siklus IV 94%. Hasil belajar
muatan IPA siswa dengan ketuntasan pada siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 64%, siklus III 79%, siklus IV sebesar 86%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan pada setiap siklus dan mencapai indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran Round Table berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SDN Pemurus 2 pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan guru, agar model pembelajaran Round Table berbantuan
media gambar menjadi salah satu model dan media pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaran muatan IPA, sehingga pembelajaran konsep lebih dipahami siswa dengan
menemukan, menganalisis, berdiskusi dan mampu menyampaikan gagasan dalam memecahkan masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:50
Last Modified: 19 Aug 2024 07:50
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item
View Item