Sumiati, Sumiati (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IVB SDN JELAPAT II.1. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-8.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IVB SDN JELAPAT II.1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (695kB)
Abstract
SDN Jelpat II.1 menghadapi sejumlah masalah, termasuk nilai siswa yang rendah, tingkat partisipasi aktif siswa yang rendah, kurangnya dorongan untuk belajar, dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Selain itu, metode pembelajaran konvensional masih digunakan, yang mengakibatkan pembelajaran yang buruk. Oleh karena itu, model pembelajaran harus diubah dengan menggunakan teams games tuornament (TGT). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, menggunakan tipe penelitian tindakkan kelas (PTK). Prosesnya dilakukan dalam dua siklus berulang, dengan empat tahap yang berbeda: perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. lokasi penelitian adalah SDN Jelapat II.1 pasa 27 siswa kelas IVB. Untuk mengumpulkan data, objek diobsevasi dan tes dilakukan. Alat yang digunakan termasuk lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal-soal khusus yang digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah ketika aktivitas guru dan siswa memenuhi kreteria sangat baik atau aktif, dan hasil belajar secara individu memenuhi KKTP dengan nilai lebih dari 70 dan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran turnamen tim dapat meningkatkan hasil belajar materi pecahan siswa kelas IVB SDN Jelapar II.1 di tahun 2023/2024.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:04 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:04 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/252 |