MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI LAKUM 2

Witi Hidayah, Witi Hidayah (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI LAKUM 2. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-8.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI LAKUM 2.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI LAKUM 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap pelaksanaan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Sungai Lakum 2, siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal minimal 66%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktifitas guru siklus I pertemuan I mencapai 38% dan meningkat pada siklus II pertemuan IV mencapai 85,7%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA Siswa Kelas V SDN Sungai Lakum 2.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:44
Last Modified: 03 Oct 2024 04:44
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item
View Item