PEMBUATAN ANIMASI 2 DIMENSI MOTION GRAPHIC PENGARUH PENGGUNA GAME ONLINE PADA SISWA SDN JAMBU MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT

MUHAMMAD RIZA, MUHAMMAD RIZA (2024) PEMBUATAN ANIMASI 2 DIMENSI MOTION GRAPHIC PENGARUH PENGGUNA GAME ONLINE PADA SISWA SDN JAMBU MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-10.

[thumbnail of Pembuatan animasi 2 dimensi motion graphic pengaruh pengguna game online pada siswa SDN Jambu menggunakan adobe after effect.pdf] Text
Pembuatan animasi 2 dimensi motion graphic pengaruh pengguna game online pada siswa SDN Jambu menggunakan adobe after effect.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi banyaknya pengguna game online di Indonesia yang cukup tinggi, bahkan menduduki peringkat ke tiga di dunia. Sehingga dilakukan penelitian ini dengan dibuatkan video Animasi 2D karakteristik simpel dan menarik. Adapun dampak ini akan bermasalah seperti masalah pendidikan, kesehatan, hingga interaksi sosial pada anak tersebut. Dampak - dampak negatif yang mungkin terjadi pada anak-anak akibat game online tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja. Langkah pencegahan (preventive) diperlukan dalam mengatasi kemungkinan terjadinya dampak negatif pada anak-anak pengguna game online. Video animasi dapat digunakan sebagai salah satu alat pencegahan untuk mengurangi dampak negatif penggunaan game online kepada anak-anak. Animasi yang merupakan kumpulan objek atau gambar bergerak dapat menjadi alat yang efektif karena efek dan tampilan visual yang menarik juga digemari oleh anak-anak.
Pembuatan video animasi 2D motion graphic dalam penelitian ini nantinya akan menggunakan perangkat lunak atau software Adobe After Effect. Dan metode yang dipakai dalam pembuatan animasi ini adalah MDLC dengan tahap pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, pendistribusian. Dengan membuat video animasi 2 dimensi tahap pengujian dilakukan dengan quesioner yang dijawab lansung oleh siswa SDN JAMBU dengan beberapa soal. Dan dapat disimpulkan bahwa tahap pengujian ini yang dilakukan dengan melalui video animasi dapat memberikan pemahaman tentang animasi yang dibuat dengan judul pengaruh game online.

Item Type: Article
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan > Teknik Informatika
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:47
Last Modified: 03 Oct 2024 04:47
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item
View Item