MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN TAMPANG AWANG

Sapiah, Sapiah (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN TAMPANG AWANG. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pada siswa kelas V SDN Tampang Awang yakni keterampilan menulis deskripsi siswa masih sangat rendah. Berdasarkan dokumentasi hasil belajar menulis deskripsi dari 25 jumlah siswa, sebanyak 10 siswa yang tuntas KKM 68 disertai dengan pengamatan secara langsung, diperoleh fakta bahwa 1) proses pembelajaran masih berpusat pada guru, 2) penyampaian materi yang kurang lugas, serta tidak disertai dengan arahan ketika memberikan tugas, 3) kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, 4) siswa kebingungan mengembangkan ide menjadi sebuah tulisan deskripsi, 5) siswa mengalami kesulitan ketika disuruh untuk mendeskripsikan apa yang mereka dengar dan apa yang mereka lihat, 6) siswa kurang mampu menulis deskripsi sesuai tema yang telah ditetapkan, dan 7) pembelajaran tidak menggunakan metode dan media pembelajaran. Adapun solusi dari masalah tersebut dengan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media gambar.

Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan kolaborasi dengan guru kelas V SDN Tampang Awang semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 25 siswa. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar menulis deskripsi melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media gambar. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥ 82%
berada pada kriteria sangat baik dan sangat aktif dan ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥68 (KKM). Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal
mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar menulis deskripsi. Hal tersebut berdasarkan data dari hasil aktivitas gurusiklus I sebesar 58,3%, siklus II sebesar 70%, siklus III sebesar 80% dan siklus IV 90%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 57%, siklus II sebesar 67%, siklus III sebesar 83% dan siklus IV sebesar 91,4%. Hasil belajar menulis deskripsi siswa dengan ketuntasan pada siklus I
sebanyak 52%, siklus II sebanyak 60%, siklus III 68%, siklus IV sebanyak 88%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas V SDN Tampang. Hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan serta memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar menulis deskripsi melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media gambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:12
Last Modified: 19 Aug 2024 08:12
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item