MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TAOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI LAKUM 2

Novia safitri, Novia safitri (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TAOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI LAKUM 2. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-7.

[thumbnail of Meningkatkan hasil belajar muatan ppkn melalui model pembelajaran team games taournament pada siswa kelas V SDN Sungai lakum 2.pdf] Text
Meningkatkan hasil belajar muatan ppkn melalui model pembelajaran team games taournament pada siswa kelas V SDN Sungai lakum 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (976kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Sungai Lakum 2 adalah hasil belajar siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V kurang optimal karena pembelajaran di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung, siswa kurang aktif, siswa sulit memahami pelajaran PPKN, Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Team Games Tournament.
Penelitian in menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis PenelitianTindakanKelas.SettingpenelitiandiSDNSungaiLakum2 kelasVyangberjumlah21 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan indvidu yaitu ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal 270%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada Siklus I pertemuan I yaitu 12, pertemuan II yaitu 15 dan pada Siklus II pertemuan III yaitu 17, pertemuan IV yaitu 20. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan I mencapai
33,3%, pertemuan II mencapai 38%% dan pada Siklus II pertemuan III mencapai 47%%, pertemuan IV mencapai 81%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai 19% dan meningkat pada Siklus II pertemuan IV yaitu mencapai 95,2%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakanmodelTeamGamesTournament dapat Meningkatkan Hasil Belajar Muatan ppkn kelas V SDN Sungai Lakum 2 pada tahun ajaran 20232024.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:45
Last Modified: 14 Oct 2024 01:45
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item
View Item