Maulida Safitri, Maulida Safitri (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VA SDN GAMBUT 1. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-9.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VA SDN GAMBUT 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 1 adalah hasil belajar siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VA kurang optimal karena pembelajaran di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung, sebagian siswa belum bisa menyelesaikan soal dengan baik, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, siswa lebih banyak menggunakan pendengarannya dibandingkan dengan indra penglihatannya sehingga apa yang telah mereka pelajari tersebut akan cenderung dilupakan, pembelajaran tidak menggunakan media untuk menunjang pemahaman siswa, aktivitas dalam proses pembelajaran kurang melibatkan keaktifan siswa. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Example Non Example.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Gambut 1, siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥70. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada Siklus I yaitu 12, Siklus II yaitu 15 dan pada Siklus III yaitu 20, Siklus IV yaitu 29. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I mencapai 29%, Siklus II mencapai 38,70% dan pada Siklus III mencapai 64,51%, Siklus IV mencapai 93,50%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai 29% dan meningkat pada Siklus IV yaitu mencapai 93,59%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model Model Exammple Non Example dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas VA SDN Gambut 1 pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan model Example Non Example sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:17 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:17 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/264 |