DAHLIANA, DAHLIANA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI MUSANG. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (517kB)
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Sungai Musang belum optimal. Hasil belajar muatan IPS menunjukkan bahwa dari 13 siswa hanya 5 siswa yang mendapatkan nilai tuntas sedangkan 8 siswa lainnya belum tuntas KKM yakni 7. Berdasarkan hasil pengamatan secara langsung, 1) proses pembelajaran masih berpusat pada guru, 2) pembelajaran lebih dominan menggunakan metode ceramah, 3) aktivitas belajar kurang kondusif, 4) pembelajaran cenderung pasif, 5) siswa cenderung hanya mencatat materi dan menghafal pada saat pembelajaran, 6) terlihat siswa cenderung bosan dan mudah mengalihkan perhatian pada saat pembelajaran, dan 7) penggunaan metode pembelajaran lebih menitik beratkan pada aspek kognitif saja, sehingga pengembangan aspek afektif, dan psikomotorik siswa belum optimal. Solusi permasalahan dalam pembelajaran tersebut melalui model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan kolaborasi dengan guru kelas pada siswa kelas IV SDN Sungai Musang semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 13 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar muatan IPS melalui model pembelajaran Mind Mapping. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥82% berada pada kriteria sangat baik dan sangat aktif serta ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥70 (KKM). Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar muatan IPS. Hal tersebut berdasarkan data dari hasil aktivitas guru siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 71%, siklus III sebesar 82% dan siklus IV 96%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 60,7%, siklus II sebesar 70,3%, siklus III sebesar 82,7% dan siklus IV 98%. Hasil belajar muatan IPS siswa dengan ketuntasan pada siklus I sebesar 46%, siklus II sebesar 54%, siklus III 77%, siklus IV sebesar 92%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan pada setiap siklus dan mencapai indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Sungai Musang pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat mengajak dan mengarahkan siswa agar kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Model pembelajaran Mind Mapping juga dapat diterapkan guru bidang studi lain, terutama di kelas yang minat belajar dan kreativitasnya
rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 02:59 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 02:59 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/28 |