MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI SETRATEGI DIREKTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DI KELAS IV SDN SUNGAI RAYA 1

Normaslianti sajiah, sajiah (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI SETRATEGI DIREKTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DI KELAS IV SDN SUNGAI RAYA 1. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-10.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI SETRATEGI DIREKTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DI KELAS IV SDN SUNGAI RAYA 1.pdf] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI SETRATEGI DIREKTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DI KELAS IV SDN SUNGAI RAYA 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (592kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi membaca intensif disebabkan
karena sebagian siswa tidak ikut berperan serta dalam pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2
siklus dengan setting penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Sungai Raya 1. Dengan jumlah
siswa 20 orang, 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian ini,
penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan
kualitas aktivitas guru mencapai skor ≥ 21 dengan kategori sangat baik. Meningkatkan
aktivitas siswa mencapai persentase 100% dengan kategori sangat aktif. Meningkatkan
hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasa mencapai 100 %. Berdasarkan temuan
hasil penelitian ini, disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran Bahasa
Indonesia dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan Strategi
Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam memahami pembelajaraan Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:37
Last Modified: 24 Oct 2024 01:37
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item