MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V MI ATTHAHIRIYAH

Istiqamah ainurrahmah, Istiqamah ainurrahmah (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V MI ATTHAHIRIYAH. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-8.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN  MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V MI ATTHAHIRIYAH.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V MI ATTHAHIRIYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (543kB)

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stickpada Siswa Kelas V MI Atthahiriyah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan PPKN siswa Kelas V MI Atthahiriyah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Setting penelitian ini adalah Muatan PPKN di MI Atthahiriyah siswa Kelas V Semester 2 tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 26 Orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu (LKS). Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa Muatan PPKN di MI Atthahiriyah tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:51
Last Modified: 24 Oct 2024 01:51
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item
View Item