MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOVERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS V SDN 1 RIAM ADUNGAN

Mauliana Mariyati, Mauliana Mariyati (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOVERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS V SDN 1 RIAM ADUNGAN. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-10.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOVERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS V SDN 1 RIAM ADUNGAN.pdf] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOVERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS V SDN 1 RIAM ADUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di UPTD SDN 1 Riam Adungan adalah kurang diamatinya dalam keterampilan membaca. siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar mereka tidak begitu baik, salah satu mata pelajaran yang menjadi tumpuan dari semua pembelajaran adalah membaca, karena dengan membaca siswa akan dapat memecahkan permasalahan dari yang disampaikan oleh guru. Oleh sebab itu, dengan menggunakan model Pemebelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition karena diyakini mampu meningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitiannya di SDN 1 Riam Adungan, siswa kelas V yang berjumlah 21 Siswa.
Aktivitas guru dalam model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition pada Siswa Kelas V SDN 1 Riam Adungan dinyatakan telah berhasil dikarenakan terjadi peningkatan disetiap pertemuannya seperti pada pertemuan I skor 20, II skor 23, III skor 26 serta IV mendapatkn 32 dan telah mampu mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan 80%. Aktivitas siswa pembelajaran Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 1 Riam Adungan dalam pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil dan mencapai ketuntasan mencapai 82%. Aktivitas siswa ini telah terlaksana sesuai dengan harapan, dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran ini menunjukkan keterlibatan siswa secara aktif, serta tingginya keterlibatan siswa dapat digolongkan sebagai pembelajaran aktif, tercapainya hasil belajar individu dengan menggunakan cooperative integrated reading and composition karena adanya peningkatkan kualitas pembelajaran yang disebabkan adanya perbaikan yang telah dilakukan guru pada setiap pertemuannya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition dapat meningkatkan hasil belajar untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Riam Adungan pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:52
Last Modified: 25 Oct 2024 02:52
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item
View Item