MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD RIAM ADUNGAN 1

Isnawati, Isnawati (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD RIAM ADUNGAN 1. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-9.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD RIAM ADUNGAN 1.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD RIAM ADUNGAN 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dapat terbantu dan mempermudah siswa memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkret dalam memahami fakta dan konsep, dalam ruang lingkup Matematika. Dengan menggunakan model yang bervariasi diharapkan dapat mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta aktif mengikuti dan merespon yang disampaikan guru.
Metode penelitian. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Tindakan Kelas. Dilaksanakan dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Analisis data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode non statistik atau penelitian deskriptif kualitatif yang melaporkan keadaan sebenarnya dilokasi penelitian mengenai meningkatkan hasil belajar materi pecahan menggunakan pendekatan Realistik Mathematics Education.
Hasil dan Pembahasan. Diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan materi pecahan menggunakan pendekatan realistic mathematics education dinyatakan telah berhasil, terjadi peningkatan kategori sangat baik. Aktivitas siswa kegiatan pembelajaran materi pecahan terjadi peningkatan setiap pertemuannya dimana siswa mendapatkan kriteria aktif kemudian meningkat sangat aktif dan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematics education menunjukkan seluruh kelompok sudah menunjukan kearah yang lebih baik serta nilai mencapai indikator ketuntasan ≥70 dan mencapai skor (100%) sudah mencapai skor maksimal
Kesimpulan dan Saran. Dalam kegiatan pembelajaran dengan materi pecahan menggunakan pendekatan realistic mathematics education aktivitas guru telah berhasil memperoleh kategori sangat baik, aktivitas siswa telah terlaksana sesuai harapan dan hasil belajar siswa mencapai sangat aktif

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:56
Last Modified: 25 Oct 2024 02:56
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item
View Item