MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V MI NU DARUL ULUM

AULIA RAHMAH, AULIA RAHMAH (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V MI NU DARUL ULUM. Online Repository of Universitas NU Kalimantan. pp. 1-6.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V MI NU DARUL ULUM (2).pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V MI NU DARUL ULUM (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan program pendidikan di Indonesia, pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Untuk mewujudkan kualitas pendidikan tersebut, dibutuhkan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran. Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta memotivasi siswa untuk berprestasi aktif dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa, sehingga materi pelajaran dapat diterima dengan mudah. Salah satu mata pelajaran inti yang diberikan pada pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di MI NU Darul Ulum, siswa kelas V yang berjumlah 20 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajarsiswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 65 dengan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Analisis data. Jenis penelitian yang digunakan adalah berjenis penelitian tindakan kelas. Arikunto, dkk (2014:2) menyatakan bahwa penilaian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dikelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sebagai strategi pemecahan masalah dengan memanfaatkan tindakan nyata kemudian merefleksi terhadap hasil tindakan. Penelitian Tindakan Kelas merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.
Hasil dan Pembahasan. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 33, pertemuan kedua yaitu 36dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 38, pertemuan kedua yaitu 43. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 35%, pertemuan 2 mencapai 70% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 70%, pertemuan 2 mencapai 85%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 50% dan meningkat pada siklus II mencapai 80%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Kesimpulan dan Saran. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa kelas V MI NU Darul Ulum pada tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran Team Quiz sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:09
Last Modified: 25 Oct 2024 03:09
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item
View Item