MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIS NU DARUL ULUM

Ach. Faizal Al-Hosni, Faizal Al-Hosni and Siti Rahmah and Marlina (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIS NU DARUL ULUM. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. pp. 1-10.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIS NU DARUL ULUM.pdf] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIS NU DARUL ULUM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (820kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar muatan PPKn siswa kelas V SD MI NU Darul
Ulum, yang berjumpalah 20 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang Perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi
aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terjadi peningkatan yang cukup baik, ketuntasan siklus I pertemuan 2
tuntas sebanyak 75%, sedang pada siklus II pertemuan 2 ketuntasan mencapai 100%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan hasil belajar muatan PPKn
Siswa Kelas V MIS NU Darul Ulum.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:23
Last Modified: 25 Oct 2024 03:23
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item
View Item