MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATERI WAWANCARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS IV SDN SUNGAI LURUS

Hoimah, Hoimah (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATERI WAWANCARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS IV SDN SUNGAI LURUS. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan. -8.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATERI WAWANCARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS IV SDN SUNGAI LURUS.pdf] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATERI WAWANCARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS IV SDN SUNGAI LURUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)

Abstract

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Materi Wawancara Menggunakan Model
Pembelajaran Problem Solving Di Kelas IV SDN Sungai Lurus. Penelitian ini bertujuan
meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa Kelas IV SDN Sungai Lurus dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri
dari 2 kali pertemuan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving. Setting
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada Muatan Bahasa
Indonesia Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN Sungai Lurus siswa Kelas IV semester 2 tahun
Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang
perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru,
lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, tes tertulis berupa tes
evaluasi secara individu (LKS). Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran
berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap
aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa
telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama
mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa
dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa Menggunakan Model
Pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa Keterampilan Berbicara
di SDN Sungai Lurus tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 01 Nov 2024 01:29
Last Modified: 01 Nov 2024 01:29
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item
View Item