Fitri Yopi, Fitri (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SDN MARADAP KABUPATEN BALANGAN. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (390kB)
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (808kB)
Abstract
Pembelajaran IPA materi organ pencernaan pada manusia kelas V SDN Maradap Kabupaten Balangan pada tahun pelajaran 2022/2023 ternyata belum sepenuhnya dimengerti oleh siswa. Hasil belajar siswa menunjukan bahwa hanya 3 dari 12 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada pembelajaran IPA. Hasil observasi juga menunjukkan pelaksanaan pembelajaran IPA masih terlihat pasif baik dari guru maupun siswa. Alternatif pemecahan masalah ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada muatan IPA menggunakan media gambar melalui model picture and picture.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang di setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki laki dan 2 orang siswi perempuan. Adapun Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang diambil adalah data kualitatif melalui lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru serta data kuantitatif melalui tes tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam belajar pada muatan IPA siswa Kelas V SDN Maradap Kabupaten Balangan mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas siswa memperoleh nilai 3,7 dan pada siklus II aktivitas siswa memperoleh nilai 4,25 yang menunjukkan aktivitas belajar yang baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada muatan IPA mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 3,7 dan pada siklus II aktivitas guru memperoleh nilai 4,4. Penggunaan media gambar melalui model picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar dapat dikategorikan berhasil. Persentase kelulusan para prasiklus hanya mencapai 25%. Pada siklus I persentase kelulusan mencapai 66,6%. Pada siklus II persentase kelulusan siswa mencapai 100%. Sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan yang telah dilakukan pada penelitian ini berhasil. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media gambar melalui model picture and picture menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, guru, dan hasil belajar siswa Kelas V SDN Maradap Kabupaten Balangan. Model pembelajaran ini disarankan menjadi salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan IPA dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 02:57 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 02:57 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/35 |