Sumiati, Sumiati (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMEN PADA SISWA KELAS IVB SDN JELPAAT II.1. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (411kB)
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (207kB)
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (801kB)
Abstract
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Teams Games Tournament Permasalahan yang di hadapi SDN Jelapat II.1 adalah hasil belajar siswa rendah, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya motivasi belajar, kurangnya interaksi antara guru dan siwsa, serta masih menggunakan pembelajaran yang konvensional sehingga mengakibatkan pembelajaran belum optimal. Oleh karena itu perlu melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan kuantitastif dengan jenis Penelitina Tindakkan Kelas (PKT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan disiklus pertama dan satu kali pertemuan disiklus kedua yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting Lokasi penelitian di SDN Jelapat II.1, siswa kelas IVB yang berjumlah 27 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator Keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketutasan individu > 70 dengan ketuntasan klasikal ≥70%, aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif. Hasil Penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru yaitu pada suklus I pertemuan I mendapat skor 12 dengan katagori cukup baik, pertemuan II mendapat skor 15 dengan katagori baik dan Siklus II pertemuan III mendapat Skor 17 dengan katagori sangat baik. Presentase keaktivitas klasikal siswa yaitu pada silkus I pertemuan I mendapat presentase 44,44%, pertemuan II mendapat presentase 70,73% dan pada siklus II pertemuan III mendapat presenyase mencapai 81,48%. Ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I pertemuan I mendapat ketuntasan 40,74%, peremuan II mendapat ketuntasan 51,85% dan siklus II pertemuan III mendapat ketuntasan 85,18%. Hal ini menunjukkan bahwa telah tercapainya indicator keberhasilan yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan pada siswa kelas IVB SDN Jelapat II,1 pada tahun ajar 2023/2024.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:15 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/354 |