MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN ARANIO 2 KABUPATEN BANJAR

Mubsiroh, Mubsiroh (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN ARANIO 2 KABUPATEN BANJAR. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pada Pembelajaran Pelajaran Bahasa Indonesia, dimana masih banyak siswa kelas IV yang memperoleh nilai 75 dari Penilaian harian hasil belajar Pada Pembelajaran Pelajaran Bahasa Indonesia di bawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yaitu 75. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran langsung yaitu menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran bersifat teacher center (berpusat pada guru). Siswa kurang mampu berinteraksi dengan orang lain, khususnya antar siswa lain yang ada dalam kelas dan guru yang mengajar. Siswa juga kurang mampu berpikir secara kritis dan rasional dikarenakan kurang pahamnya siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Siswa kurang diberi kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga siswa
tidak aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran menjadi kurang bermakna, karena aktivitas siswa hanya mendengarkan saja. Penelitian ini bertujuan meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi siswa Kelas IV SDN Aranio 2 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Setting penelitian ini adalah siswa Kelas IV pada Semester 2 tahun ajaran 2022/2023
dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswi perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu. Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Puisi di SDN Aranio 2 tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:33
Last Modified: 20 Aug 2024 02:33
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item
View Item