MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA KELAS IV SDN MEKAR RAYA

Hery Hermawan, Hery Hermawan (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA KELAS IV SDN MEKAR RAYA. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[thumbnail of BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II-III-IV.pdf] Text
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Mekar Raya adalah hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan Pancasila Kelas IV kurang optimal karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, metode pengajaran yang tidak menarik, siswa kurang aktif. Oleh sebab itu, perlu dilalukan inovasi pembelajaran menggunakan model Role Playing berbantuan media wayang kertas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus dengan tiga pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Mekar Raya, siswa kelas IV yang sejumlah 24 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kelas. Penelitian ini di kelas IV SDN Mekar Raya di kelas, di kelas IV SDN Mekar Raya adalah sebanyak 24 siswa. Faktor-faktor yang di teliti aktivitas guru, aktivitas siswa dan Hasil belajar. Jenis data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengelolaan dan analisis data, di peroleh hasil observasi dan wawancara. Data diperoleh dari persentase dari persentase dan ketuntasan belajar yaitu berupa nilai siswa. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 65 dengan ketuntasan ≥66%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan satu yaitu 16, pertemuan kedua yaitu 17 dan pertemuan tiga yaitu 18. Persentase aktivasi siswa pada siklus I pertemuan satu mencapai 50%, pertemuan dua mencapai 58%, dan pertemuan ketiga 70%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I pada pertemuan satu mencapai 50% dan meningkat pada pertemuan tiga 70%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditatapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Role Playing Berbantuan Media wayang kertas dapat Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas IV SDN Mekar Raya pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan model Role Playing dan Media wayang kertas sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:40
Last Modified: 22 Nov 2024 03:40
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item
View Item