PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV DI SDN SUNGAI UYAK

SULIMAH, SULIMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV DI SDN SUNGAI UYAK. Diploma thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa muatan IPS yang dilihat dari nilai harian siswa, dari 22 siswa hanya 10 siswa (45%) yang berhasil mencapai KKM ≥ 70 dan 12 (55 %) siswa masih belum tuntas yakni di bawah nilai KKM < 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV dalam penerapan model pembelajaran Make A Match muatan IPS di SDN Sungai Uyak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa kelas IV di SDN Sungai Uyak. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru menggunakan model pebelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS siwa kelas IV di SDN Sungai Uyak telah terlaksana dengan sangat baik dengan skor terakhir 60 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pebelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS siwa kelas IV di SDN Sungai Uyak mengalami peningkatan mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase akhir sebanyak 90,91%. (3) Penggunaan model pebelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS siwa kelas IV di SDN Sungai Uyak mencapai ketuntasan hasil belajar yang signifikan di mana pada pertemuan I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa hanya mencapai 45,54%, pada pertemuan ke II meningkat menjadi yaitu 63,64%, pertemuan ke III meningkat lagi menjadi 77,27%, dan kemudian meningkat kembali pada pertemuan ke IV menjadi 90,91%. Sehingga siswa mencapai ketuntasan klasikal yakni ≥75% dengan kriteria sangat aktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:56
Last Modified: 20 Aug 2024 02:56
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item
View Item